Pertemuan 1 , Pendahuluan Tentang Sistem Berkas beserta Pengertian Istilah Dasar Sistem Berkas

PENDAHULUAN
KONSEP DASAR SISTEM BERKAS
Komputer dapat menyimpan informasi dalam berbagai bentuk fisik tempat penyimpanan seperti pita magnetik, disk magnetic, disk optical.
Sistem operasi memberikan pandangan logis yang sejenis dari tempat penyimpanan informasi. Bentuk penyimpanan abstraksi dari unit penyimpan informasi dalam bentuk fisik adalah file. File–file dipetakan oleh sistem operasi ke dalam peralatan fisik.
Sistem berkas, atau Pengarsipan adalah suatu system yang kegunaannya untuk mengetahui bagaimana cara menyimpan data dari file tertentu dan organisasi file yang digunakan pada kita.
Sistem akses, adalah cara untuk mengambil informasi dari suatu file, dimana file tersebut sudah terdapat data yang telah kita buat.
Pengersipan dan akses adalah :
Cara untuk membentuk suatu arsip / file dan cara pencarian record-recordnya kembali.
Sistem berkas dan Akses adalah system pengorganisasian, pengelolaan dan penyimpanan data pada alat penyimpanan eksternal dengan organisasi file tertentu. Pada system berkas dan akses penyimpanan data dilakukan secara fisik.
Teknik yang digunakan untuk menggambarkan dan menyimpan record pada file disebut organisasi file
Secara lebih spesifik pengersipan dan akses berhubungan dengan :
Insert : Menyisipkan data baru atau tambahan ke dalam tumpukan data lama
Update : mengubah data lama dengan data baru, perubahan ini bisa sebagian atau keseluruhan
Reorganisasi : penyusunan kembali record-record dari suatu file.

 

Istilah-istilah dasar yang digunakan dalam system berkas :
1. Data : Representasi dari fakta yang dimodelkan dalam bentuk gambar, kata, angka, huruf dan lain sebagainya.
2. Type Data : salah satu nilai tunggal dengan satu petunjuk nama dan deskripsi karakteristik seperti tipe ( Char, nomor, kode ) dan panjang karakter atau digit.
3. Item Data : Referensi nama dan himpunan karekteristik elemen-elemen data yang menggambarkan suatu attribute, atau tempat menyimpan setiap attribute dari sebuah entitas.
4. Entitas : ekumpulan Objek yang terbatas / terdefinisikan yang mempunyai karakteristik sama dan bisa di bedakan dari lainnya. Objek dapat berupa barang, orang, tempat atau suatu kejadian. Contoh : entitas mobil, mahasiswa, nilai ujian dll
5. Attribut : Deskripsi data yang bisa mengidentifikasikan entitas. Seluruh attribute harus cukup untuk menyatakan identitas objek atau dengan kata lain kumpulan attribute dari setiap entitas dapat mengidentifikasikan keunikan suatu individu. Contoh : entitas mobil terdiri dari attribute no polisi, no registrasi, jenis mobil, tahun pembuatan, bahan bakar yang digunakan, dll
6. Field : Lokasi penyimpanan untuk salah satu elemen data, atau seuatu elemen yang memiliki attribute dan harga dan merupakan unit informasi terkecil yang bisa diakses.
7. Record : Lokasi penyimpanan yang terbuat dari rangkaian field yang berisi elemen-elemen data yang menggambarkan beberapa entitas.
8. File : Sekumpulan record dari tipe tunggal yang berisi elemen-elemen data yang menggambarkan himpunan entitas
9. Akses Data : Satu cara dimana suatu program mengakses secara fisik record-record dalam file penyimpanan.
Sumber : http://murnianggela.blogspot.com/2012/11/materi-sistem-berkas.html
https://terusbelajar.wordpress.com/2008/09/14/pengertian-sistem-berkas/71bb420cfceee1605fe323d43a7bc82331e7248e2b43747c284a9a1ce740b44d

Tinggalkan komentar